Thursday, February 19, 2015

XIN NIAN KUAI LE

19 februari 2015, ini artinya saya juga ikut-ikutan merayakan, yah generasi saya sudah tidak paham lagi sejarahnya imlek, cuma sebatas ikut-ikutan saja. Dalam tradisi dan kebudayaan china dan warga etnis tionghoa yang ada di indonesia, merayakan tahun baru itu ada ucapannya, ritualnya, atau ada simbol-simbol budaya.
1.Ucapan
Seringkali kita mendengar orang mengucapkan Gong Xi Fat Chai sebgaia ucapan simbolis perayaan tahun baru, tapi, etsss jangan salah ya, saya juga baru belajar sesuatu yang benar, ucapan tahun baru itu adalah Xin Nian Kuai Le (baca nya sin nien kuai le), jangan dilihat perkata, tapi harus digabungkan menjadi satu. Kalau perkata adalah (xin = baru, Nian = tahun, Kuai = cepat, Le = tertawa) kalau melihat arti perkata ga akan nyambung, tapi kalau ditelaah maknanya jadi selamat tahun baru semoga bahagia. Gimana? Masuk akal kan? Tapi kalo ada yang lebih paham silakan beri masukan
Kata Gong Xi Fa Chai adalah good prosperity (menurut fung bros comedy), tapi kalau ditelaah perkata adalah Gong Xi Fa Chai (baca : kung si fa cai). Gong = hormat, Xi = bahagia, Fa = mengirimkan,  Chai = kekayaan, keberuntungan, hoki. Gong Xi  = Selamat, Fa Chai = Keberuntungan. Semoga paham lah ya hehehe, penjelasan dari orang yang baru belajar juga ini.
2. Amplop
Angpao? Wow amplop merah isi duit, yang harus diberikan orang yang SUDAH menikah kepada orang yang BELUM menikah. Namanya Angpao? Iya sih kalau menurut kebiasaan orang tionghoa di Indonesia yang menggunakan bahasa kanton atau Fujian (Fusien). Aslinya sih Hong Bao (Hong = Merah, Bao = Amplop). Hong Bao Na Lai = angpao nya mana? Angpaonya bawa sini!!! Kira-kira gitu artinya.
3. Merah
Ada legenda yang menceritakan tentang kemunculan monster yang sangat mengerikan setelah masa panen,mahluk itu disebut Nien, bahasa gaulnya Nien Beast, monster ini suka meminta sesaji dan menculik anak kecil, sehingga tidak ada yang berani keluar rumah untuk merayakan masa panen, karena Nien akan memangsa mereka semua. What the hell..!!! Suatu hari ketika Nien ini tidak diberi sesaji, dia hendak menculik seorang anak perempuan, dan anak itu menggunakan baju merah. Seperti ketakutan Nien membatalkan niatnya untuk menculik perempuan itu, dan terkuak lah sebuah rahasia bahwa Nien takut dengan warna merah, lalu serempak warga desa memasang warna merah dan emas, sebagai pengusir Nien, dan lambang kesejahtaraan.


Kalau dirunut, masuk akal juga ya, tapi penjelasan dari saya ini bebas mendapatkan tanggapan dari pembaca tentang Lunar New Year. 

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak - jika membutuhkan bantuan terkait artikel di blog, WA 0896-7161-2191