Friday, April 17, 2015

MODIFIKASI RODA GL MAX NEO-TECH 2002

beberapa minggu yang lalu saya galau luar biasa soal mengganti roda si rustam, oya si rustam itu sebutan GL-MAX saya, awalnya sejak beli baru ditempelin stiker rusty, karena tinggal di jawa tengah (desa) akhirnya sebutannya jadi rustam, hahahaha.

si rustam dibelikan tante saya tahun 2002, sejak 2006, motor saya ini selalu saja mengalami masalah di roda belakang, gear, dan lakher, sampek jengkel saya dibuatnya. kalau baca di internet sih karena memang sistem roda belakang honda GL-max, tiger dan megapro yang masih menggunakan tromol selalu bermasalah. selain itu tangki yang juga kerap kemasukan air, entah kenapa kok honda yang canggih masih mempertahankan hal itu.

sejak setahun lalu dudukan laher tromol blakang saya retak halus, dan mengakibatkan, harus diberi ganjalan dari seng / plat tipis guna laher gak goyang, tapi ternyata tetap aja ga bisa bertahan lama. akhirnya kemarin masuk lobang dan ban belakang oleng parah, karena tromolnya semakin menjadi-jadi.

saya mencari harga tromol AHM honda ternyata harganya luar biasa, dan bengkel mengatakan, jika menggunakan yang KW pun akan bertahan 6 hingga 9 bulan saja. lalu saya berfikiran untuk menggantinya dengan velg palang, saya sempat mencari di pasar klitikan beringharjo, tapi ada aja kejadian tidak menyenangkan dengan penjualnya dan saya merasa dibodohi. lalu saya mencari di OLX, bukan baru, karena keterbatasan dana yang saya miliki, setelah 3 minggu saya mencari dan berkonsultasi di forum KAGOL kaskus, akhirnya saya nekat membeli velg racing copotan GL yang dibentuk CB. setelah niat dipasang, konsultasi dengan bengkel servis langganan, bengkel Khadafi di glagahsari-yogyakarta, akhirnya pihak bengkel menolak untuk mengerjakan, dan menyarankan saya ke bengkel di jalan veteran depan victory (tempat olah raga dan gedung serbaguna). dan wow ternyata itu adalah bengkel khusus moge+harley, yang menyediakan jasa bubut dan profesional banget, bengkelnya kecil tapi isinya MOGE semua gan, dan alat bubut+bor+dan yang berkenaan dengan custom variasi lengkap. namanya pemilik bengkelnya adalah mas hengky.

setelah konsultasi dengan mas hengky, akhirnya diukur, dan langsung dikerjakan, saya nunggu, dari jam 9.30 pagi hingga selesai jam 15.45, dan yang mengerjakan adalah mas bilgis, orangnya asik banget, caranya menjelaskan dan mengerjakan bener-bener rapi dan penuh perhitungan, dari proses bushing, bikin stoper, ide-idenya cemerlang bagi saya yang awam soal roda, karena ternyata velg yang saya beli adalah velg original TVS depan blakang. karena ban saya ring 17, dan velg yang saya beli ring 18 (belakang), saya terpaksa harus beli ban baru, tapi saya tanya ke mas hengky ternyata dia punya ban copotan scorpio original, yang di jual 150rb beserta ban dalemnya (kondisi masih 90%), akhirnya proses finishingnya, semua yang dibuat di bengkel mas hengky ini di spet (cat hitam) supaya tidak menimbulkan karat atau penampilan yang kotor.

biaya bersih dan beli ban luar dalam = 300ribu, ongkos yang memang banyak tapi saya pikir sistem roda belakang yang baru tidak akan menimbulkan ketidaknyamanan pada motor saya ke depan, karena sekarang bukan menggunakan kancingan layaknya GL biasa, tapi menggunakan nap gear yang gear nya dibaut kuat. untung saya membeli velg nya sudah lengkap, jadi tidak perlu pusing memikirkan harga nap gear, gear, laher, bosh as tengah, tutup tromol, dan kampas rem. saya berharap semoga awet.

diawal proses ini saya benar-benar buta tentang roda dan jenis roda apa yang bisa dipasang di GL. ternyata semua velg bisa di aplikasi kan ke semua motor asal lengkap, ada mekanik yang handal, dan ada biaya tentunya.

hingga artikel ini dibuat saya hanya perlu membuat dudukan  kaliper cakram depan. kemungkinan saya akan balik lagi ke bengkel mas hengky.

catatan yang paling berkesan untuk konsultasi dan curhat  : 
1. bengkel servis langganan saya, yang pinter ngakali segala macam kerusakan, Bengkel Motor khadafi, lokasi di glagahsari, di depan kantor pegadaian glagahsari
2. bengkel custom moge+harley alat lengkap untuk bubut, senai, bor, dan lain-lain adalah bengkel Mas Hengky, mekanik handalnya bernama Mas Bilgis. alamatnya di jalan veteran di depan gedung serbaguna Victory.
3. agan ondeondepecah dan agan washes

berikut ini dokumentasi sederhana nya.

 

UPDATE LOKASI: 

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak - jika membutuhkan bantuan terkait artikel di blog, WA 0896-7161-2191