Tuesday, February 16, 2016

APA ITU ROOT?

halo sahabat blog, sekarang saya ingin membahas istilah yang masih sering ditanyakan pengguna android, istilah tersebut adalah "root".

FAQ: apa itu root? nge-root HP itu apa? setelah di root apa yang terjadi?

secara teori baku, ROOT adalah sebuah akses untuk mengotak atik atau untuk memodifikasi sistem android/ komputer yang berbasis OS linux secara bebas**

hp android yang baru dibeli biasanya akses masuk ke sistem dasarnya sangat dibatasi, jadi kita tidak bisa dengan bebas instal/ uninstal aplikasi bawaannya (bloatware), tidak bisa memodifikasi virtual ram, atau overclock android.

sederhananya, android ibaratnya punya 2 kotak di dalamnya, RUANG SISTEM yang berisi angka 12345 dan RUANG BEBAS UNTUK PENGGUNA. kita sebagai pengguna bisa instal / uninstal secara bebas sesuka hati HANYA di ruang bebas untuk pengguna, tapi tidak bisa mengotak-atik ruang sistem, (lihat gambar 1)

gambar 1

setelah HP di ROOT kita bisa bebas mengotak atik 2 ruang tersebut, bahkan kita bisa bebas merubah, mengurangi, memindahkan, atau menambahkan sistem-sistem yang ada di dalamnya, ibaratnya bisa bebas menghapus angka-angka di ruang sistem, atau memindahkan angka-angka ke ruang bebas (lihat gambar 2)

gambar 2

EFEK ROOT (POSITIF DAN NEGATIF)
positif
dengan melakukan ROOT kita bebas ngapain aja, seperti:
1. menghilangkan aplikasi bawaan (bloatware) yang tidak berguna (melegakan ruang penyimpanan data)
2. merubah font setelan dasar, membuang ringtone yang jelek, atau menambah yang kita suka di dalam sistemnya, atau bahkan membuang semua ringtone supaya hp kita ga bunyi sama sekali :p
3. menghilangkan suara start up atau waktu android dimatikan
4. mengganti tampilan waktu starup, misal tampilannya diganti naruto atau yang kita suka
5. mengganti rom bawaan (stok rom) dengan rom yang sudah dimodifikasi (custom rom)
misal: android kita dirubah hingga menyerupai i-phone / windows phone
6. menambah performa dengan virtual RAM (istilah gaulnya: nambah RAM android secara virtual)
7. overclocking, 
8. bikin dual GSM (awalnya andro cdma-gsm)
9. dan masih banyak lagi yang tentunya memerlukan syarat, cara, dan ketentuannya, serta yang paling penting NYALI untuk melakukan root atau modifikasi sitem android.

negatif
selama kita tahu cara yang benar untuk melakukan modifikasi sistem, tentunya android kita bakalan lebih ngacir dan lebih asik digunakan meskipun memiliki keterbatasan fisik. tapi jika tidak hati-hati dalam melakukan ROOT atau modifikasi sistem android bisa bikin andro
1. hang
2. mati (sulit dihidupkan)
3. mati total (paling parah)
4. gagal masuk ke sistem
5. diputusin pacar, karena yang kita root HP punya pacar :v
6. jomblo karena gagal modifikasi bikin andro matot, akhirnya ditinggalkan gebetan :v
7. dan penyakit berbahaya android lainnya.
8. biasanya setelah di ROOT garansi akan hilang
9. anda harus bertanggung jawab atas kesalahan sendiri :v

biasanya di setiap blog atau artikel untuk modifikasi android, ditulisin singkatan DWYOR = do with your own risk = artinya kalau gagal jangan nangis, jangan salahin sapa-sapa, maka dari itu sebelum melakukan root / modifikasi sistem, ada baiknya memahami kapasitas HP dan sadar kemampuan maksimal HP sampe mana, tapi biasanya NGGAK ADA NODA YA NGGAK BELAJAR. jangan takut belajar.


update
=====
** makasih koreksinya mbah :p

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak - jika membutuhkan bantuan terkait artikel di blog, WA 0896-7161-2191