Thursday, November 26, 2015

JOGJA dan DONOR DARAH

Beberapa bulan lalu saya sempat berkomunikasi gak penting (lebih karena kagum dan kepo aja) via twitter dengan seorang penggagas donor darah yang dikenal dengan code name: Silly, akunnya @justsilly. Saya tertarik karena pernah suatu saat beliau muncul di acara Kick Andy. Kak Silly ini menggagas sebuah gerakan donor darah di dunia maya (twitter, yang saya tahu) dengan akun @Blood4LifeID

Tanpa pikir panjang saya langsung saja follow akun nya dan langsung kepoin semua aktifitasnya, karena saat itu memang sedang libur kuliah. Ternyata @Blood4LifeID bekerja 24jam untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan donor darah via twitter, dan mereka tidak berjalan sendirian, mereka memiliki beberapa admin yang tidak dibayar dalam melakukan aksinya.

Kebetulan, waktu saya kepoin akun BFL, ada admin yang bertugas dan sama, saya juga langsung kepoin akun real admin yang bertugas, namanya kak Matilda Narulita, dan ternyata beliau ini juga seorang yang sangat luar biasa. Pernah kami berkirim email dan saya meminta ijin untuk menggunakan cerita dalam hidupnya untuk memotivasi murid-murid di sekolah atau komunitas remaja yang saya dampingi kala itu. Percaya deh, kalau kalian ikuti kisahnya di blog pribadinya, dan blognya di Indonesia Mengajar, pasti gak sedikit air mata yang lahir dari ujung mata, besar di pipi, dan mati di ujung bibir (wah mulai deh nglantur) nggak, nggak, intinya, salah satu admin yang saya kepoin itu punya hidup yang luar biasa, terlebih ketika dia mau berbagi kebaikan dengan orang lain di akun BFL. Dan belakangan, saya melihat ada admin-admin lain yang belum sempat saya kepoin seperti @nadagultom @june3gi , tapi saya yakin, mereka punya kisah yang luar biasa, pasti mereka punya alasan dibalik keterpanggilan mereka untuk mau mengabdikan dirinya, memberikan waktunya, mengorbankan apa yang dimiliki untuk berbagi dengan masyarakat Indonesia tentang informasi donor darah yang dibutuhkan sesama.

Mmmm ini mungkin alinea sensi, tapi saya harus jujur, ini opini pribadi saya saat mengamati akun real admin-admin BFL, saya berkeyakinan, mereka memiliki pemaknaan luar biasa tentang manusia dan kemanusiaan, bahwa hakikat manusia itu sama di mata/ hadapan Tuhan, dalam setiap tubuh manusia mengalir warna merah yang sama, tidak berbeda warna atau tidak terkotak-kotakkan karena agama. Saya bisa bilang gitu karena adminnya berbeda-beda keyakinan, kan tampak dari ava mereka :p dan dari perbedaan yang mereka miliki, semakin menguatkan saya, bahwa kemanusiaan itu nggak bisa dibatasi oleh apapun juga, panggilan hati untuk berbagi dengan sesama itu tak bisa dihalangi oleh sekat apapun, sekali lagi BFL mengajarkan tentang nilai kemanusiaan yang baik untuk ditularkan kepada generasi muda.

eh dari tadi nyerocos tentang BFL tapi kok judul tulisannya Jogja dan Donor Darah? iya memang sengaja, domisiliku kan di Jogja, jadi sekarang di blog ku ini, setiap menulis sesuatu yang berbau dunia sosial Jogja, pasti aku tuliskan nama regional di depannya. mungkin besok kalau aku pindah kos di semarang, mungkin judul depannya akan menyesuaikan.
Lalu apa hubungannya dengan BFL yang sifatnya general, tidak terbatas regional tertentu? mmm gini, beberapa waktu lalu aku lihat cuitan warga Jogja yang di mentionkan ke akun @JogjaUpdate yang menanyakan kapan ada info aksi donor darah di Jogja. jadi harapanku, judul artikelnya memudahkan orang untuk nemu, kali aja browsing dan nemu info di sini kan (siapa tau)

Nah ini sekalian aku copaskan cara untuk donor darah atau kalau membutuhkan darah di wilayah Jogja via BFL, yang saya tahu ada 3 cara:

1. Bila memerlukan kebutuhan darah dapat mentions ke #BFL dengan cantumkan, Nama, goldar +|- , berapa ktg|cc, Kota, RS, no. CP

2. Jika membutuhkan darah saat stok di PMI kurang, silakan menghubungi HOTLINE @Blood4LifeID via 087875195599 SMS/Telp & 087882003728 WhatsApp.

3. isi formulir ini jika bersedia donor darah sukarela http://blood4lifeid.com/ddsukarela/

untuk wilayah Jogja sendiri terdapat sebuah akun twitter @Donorku yang mungkin dikelola admin dari RS Sardjito, dan saya sering melihat kedua akun ini saling bersinergi untuk memenuhi kebutuhan darah di kota Jogja. kontak saja langsung untuk donor sukarela, caranya

ketik: GOLDAR_TGL TRKHIR DONOR_NAMA kirim ke 085647144864.

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak - jika membutuhkan bantuan terkait artikel di blog, WA 0896-7161-2191