Friday, June 5, 2020

ADA BATMAN DI KELAS

Hari ini adalah hari kelulusan anak-anak kelas 9, bertepatan dengan itu, anak-anak kelas 7 dan 8 juga sedang mengerjakan PAT (penilaian akhir tahun ajaran). Karena saat ini Covid-19 belum juga selesai, anak-anakpun harus mengerjakan soal tersebut dari rumah.

Ada kejadian lucu yang membekas di hati saya ketika mendampingi anak-anak ini ujian. Namanya saja anak sekolah waktu ujian, ada yang bisa dan ada yang tidak bisa, karena catatan tidak lengkap atau malas belajar. Jika sudah buntu tidak bisa mengerjakan, biasanya mereka itu membuat kerusuhan, mencoba menarik perhatian guru supaya bisa mencontek teman lainnya.

Saya adalah guru yang gak peduli pada semua itu, ketika keributan terjadi, saya hanya berkata,

"ketahuan contek, kalian akan kerjakan tes di luar, dan jika tidak dapat dinasihati, kertas akan saya sobek dan siap2 tidak naik kelas".

Namanya juga anak-anak sudah dinasehati tetap saja ada yang melawan dan abai, tanpa pikir panjang, saya mengingatkan mereka sekali lagi dan segera membuat gambar topeng batman dan saya pake, untuk mengawasi anak-anak,

"sekarang kalian diawasi oleh Batman",

sontak mereka semua tertawa dan anehnya tidak ada lagi yang mencontek ketika saya memakai topeng ini, mereka mengerjakan sendiri, meskipun salah.

Hari ini anak-anak kelas 9 dan kelas 8 asik ngobrol di WA grup, 1-2 anak ngobrol ngalor ngidul sampe kadang lupa batasan. Iseng saja saya upload foto menggunakan topeng Batman, mereka tertawa dan kembali ke batasan2 wajar dalam chat. 

"Ah ternyata saya rindu bertemu anak-anak itu"




No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak - jika membutuhkan bantuan terkait artikel di blog, WA 0896-7161-2191